Halo teman-teman kali ini kita bagi-bagi lagi contoh soal penilaian tengah semester alias PTS sejarah minat kelas 10.

Topik ujian PTS sejarah minat kelas 10 semester ganjil ini adalah tentang penelitian sejarah. Silahkan disimak dan dipelajari dengan sebaik mungkin.

1. Sumber sejarah sangat berguna bagi sejarawan untuk …
A. Memandu proses penelitian sejarah
B. Memperkuat pendapat sejarawan
C. Menguji kebenaran pendapat saksi sejarah
D. Merekonstruksi peristiwa masa lalu
E. Mengetahui karya peninggalan sejarah

2. Sumber sejarah memiliki dua sifat. Sifat sumber sejarah tersebut didasarkan pada …
A. Keaslian sumber sejarah
B. Penggunaan sumber sejarah
C. Usia pembuat sumber sejarah
D. Sudut pandang pembuat sumber
E. Ingatan pembuat sumber sejarah

3. Sumber sejarah dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis dengan tujuan …
A. Memudahkan sejarawan menggunakan sumber tersebut
B. Menghasilkan fakta-fakta yang reliable
C. Memudahkan sejarawan melakukan penelitian
D. Membantu sejarawan menemukan fakta-fakta
E. Mengurangi risiko sumber tidak valid

4. Berdasarkan urutan penyampaiannya, sumber berupa buku-buku yang disusun berdasarkan laporan penelitian sejarah tanpa melakukan penelitian langsung disebut sumber …
A. Manuskrip
B. Sekunder
C. Primer 
D. Tersier
E. Arsip

5. Keterangan lisan yang langsung didapat dari pelaku ataupun saksi peristiwa yang terjadi dimasa lalu merupakan …
A. sumber tertulis
B. artefak
C. sumber lisan
D. sumber primer
E. sumber sekunder

6. Sumber primer dalam penelitian sejarah dapat diartikan sebagai …
A. Sumber yang menjadi acuan utama dalam penulisan kisah sejarah
B. Sumber yang berasal dari pelaku/saksi peristiwa sejarah
C. Sumber utama yang diperoleh dari surat kabar
D. Sumber tulisan yang diterbitkan pemerintah
E. Sumber lisan yang diperoleh melalui wawancara

7. Berdasarkan urutan penyampaiannya, sumber berupa buku-buku yang disusun berdasarkan laporan penelitian sejarah tanpa melakukan penelitian langsung disebut sumber …
A. Manuskrip
B. Sekunder
C. Primer 
D. Tersier
E. Arsip

8. Toni akan melakukan penelitian mengenai pengaruh Serangan Umum 1 Maret 1949 bagi masyarakat Yogyakarta. Toni ingin menggunakan sumber sejarah sekunder. Contoh sumber sejarah sekunder yang dapat digunakan Toni adalah…
A. Wawancara dengan para veteran dalam serangan tersebut
B. Arsip dan laporan pemerintah mengenai serangan tersebut
C. Jurnal penelitian sejarah mengenai serangan tersebut
D. Buku-buku sejarah terkait serangan tersebut
E. Foto-foto sezaman dengan serangan tersebut

9. Sejarawan perlu berhati-hati dalam menggunakan surat kabar sebagai sumber sejarah karena …
A. Informasi dalam surat kabar ditulis berdasarkan wawancara
B. Informasi dalam surat kabar ditulis oleh pelaku peristiwa
C. Surat kabar terbit di bawah kendali pemerintah
D. Ínformasi dalam surat kabar memuat fakta dan opini
E. Surat kabar ditulis oleh orang-orang profesional

10. Faktor yang menyebabkan perbedaan informasi sumber sejarah dari surat kabar satu dengan surat kabar yang lain adalah …
A. Sumber yang digunakan berbeda-beda
B. Cara penyampaian informasi yang berbeda
C. Interpretasi yang berbeda dari penulis artikel
D. Penyajian pendapat tiap surat kabar berbeda
E. Perbedaan pola pemikiran redaktur surat kabar

11. Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Berdasarkan sifatnya, peristiwa tersebut dapat dikategorikan sebagai …
A. Opini
B. Inferensi
C. Fakta lunak
D. Fakta Keras
E. Fakta Mental

12. Sumber sejarah sangat berguna bagi sejarawan untuk …
A. Memandu proses penelitian sejarah
B. Memperkuat pendapat sejarawan
C. Menguji kebenaran pendapat saksi sejarah
D. Merekonstruksi peristiwa masa lalu
E. Mengetahui karya peninggalan sejarah

13. Urutan langkah dalam penelitian sejarah yang benar adalah ....
A. Heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik, historiografi.
B. Verifikasi, heuristik,  interpretasi, pemilihan topik, historiografi.
C. Pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi.
D. Pemilihan topik, heuristik, interpretasi, verifikasi, historiografi.
E. Historiografi, heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topic

14. Pemilihan topik hendaknya disesuaikan dengan latar belakang pengetahuan, kecakapan, dan kemampuan penulis. Hal tersebut sesuai dengan syarat pemilihan topik yaitu …
A. Significance of topic
B. Interested of topic
C. Manageable of topic
D. Important of topic
E. Obtainable data

15. Seorang peneliti akan memilih topik yang baru dan belum pernah diteliti orang lain. Tindakan tersebut dilakukan peneliti dengan tujuan …
A. Menarik minat pembaca
B. Merekonstruksi kisah sejarah
C. Memudahkan pengumpulan sumber
D. Memudahkan menyusun kesimpulan
E. Memperlancar proses penelitian sejarah

16. Judul penelitian sejarah hendaknya mencantumkan angka tahun. Tindakan tersebut dilakukan untuk …
A. Menunujukkan kronologi suatu peristiwa
B. Menunjukkan waktu penelitian yang dilakukan 
C. Memberi kesimpulan sementara bagi para pembaca
D. Memberi kesempatan bagi para pembaca untuk melanjutkan penelitian
E. Menenjukkan kedekatan intelektual antara peneltiti dan objek penelitian

17. Dalam bagian pendahuluan, peneliti wajib mencantumkan tujuan penelitian. Pada umumnya tujuan utama sebuah penelitian adalah …
A. Mengungkapkan fakta sejarah yang tersembunyi
B. Menambah khazanah ilmu pengetahuan 
C. Menemukan fakta sejarah yang baru
D. Mengasah kemampuan berpikir kritis
E. Melatih kemampuan menulis ilmiah

18. Ratna ingin melakukan penelitian mengenai Peristiwa Tiga Daerah pada 1945. Rumusan masalah untuk penelitian tersebut adalah….
A. Mengapa Peristiwa Tiga Daerah terjadi?
B. Apa yang dimaksud Peristiwa Tiga Daerah?
C. Di mana Peristiwa Tiga Daerah terjadi?
D. Bagaimana latar belakang Peristiwa Tiga Daerah?
E. Siapa aktor yang berperan dalam Peristiwa Tiga Daerah?

19. Mutia berkunjung ke perpustakaan daerah. Ia sedang mengumpulkan sumber-sumber sejarah tentang seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah Orde Baru ke pemerintahan Reformasi. Kegiatan Mutia tersebut dalam tahap penelitian sejarah disebut …
A. Heuristik
B. Historiografi
C. Ekskavasi 
D. Verifikasi
E. Interpretasi

20. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menganalisis suatu peristiwa sejarah
(2) Menghimpun sejak-sejak sejarah
(3) Mengumpulkan dokumen-dokumen
(4)Tujuannya mengetahui kejadian bersejarah masa lampau
Mencarin informasi sejarah

Tahap heuristik dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

21. Perhatikan beberapa permaslahan berikut!
1) Sumber sejarah dapat diakses secara umum
2) Sumber sejarah sudah sangat tua
3) Sumber sejarah menggunakan tulisan tangan
4) Keterbatasan kemampuan menguasai bahasa sumber
5) Keterbatasan waktu dan dana dalam mengumpulkan sumber

Permasalahan yang sering dialami sejarawan dalam tahap pengumpulan sumber adalah….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

22. Setelah pengumpulan sumber, sejarawan akan melakukan kritik sumber. Tujuan utama kritik sumber adalah …
A. Memaparkan data-data dari sumber sejarah
B. Menguji keaslian sumber-sumber sejarah
C. Menyeleksi data hingga memperoleh fakta
D. Menyalin sumber sejarah dalam laporan
E. Mengklasifikasi sumber-sumber sejarah

23. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Pemeriksaan kebenaran laporan peristiwa sejarah
(2)  Tujuannya mengetahui kebenaran sejarah 
(3) Meneliti kebenaran data-data peristiwa sejarah
(4)  Merupakan keterangan langsung pelaku sejarah
(5)  Penafsiran suatu peristiwa sejarah

Tahap verifikasi dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

24. Menentukan usia suatu benda atau sumber sejarah dapat ditentukan berdasarkan bentuk atau tipe benda tersebut. Cara tersebut dinamakan …
A. Arkeologi
B. Stratigrafi
C. Tipologi
D. Kimiawi
E. Epigrafi

25. Cara menentukan usia benda peninggalan sejarah berdasarkan lapisan tanah tempat benda tersebut ditemukan disebut …
A. Numismatik
B. Stratigrafi
C. Kimiawi 
D. Tipologi
E. Filologi 

26. Kritik intern terhadap sumber sejarah dilakukan untuk menguji …
A. Elektabilitas
B. Autentisitas
C. Kredibilitas 
D. Integritas
E. Stabilitas 

27. Kritik intern terhadap sumber lisan salah satunya dilakukan dengan melihat usia informan. Tindakan tersebut dilakukan dengan tujuan …
A. Mempermudah peneliti mencari informan selanjutnya
B. Melakukan cek silang terhadap informasi yang dituturkan informan
C. Membantu peneliti dalam menyusun daftar pertanyaan
D. Memastikan kebenaran informasi yang dituturkan informan
E. Memastikan peran dan ingatan informan terhadap peristiwa sejarah

28. Yang dimaksud interpretasi dalam metode penulisan sejarah adalah.....
A. kegiatan penafsiran sumber-sumber sejarah yang telah diseleksi untuk disusun sebagai fakta
B. menentukan kebenaran suatu peristiwa dengan mengumpulkan sumber-sumber sejarah
C. kegiatan menyeleksi sumber-sumber sejarah
D. kegiatan merangkai fakta-fakta sejarah melalui laporan sejarah
E. kegiatan mengumpulkan  informasi berbagai bentuk sebagai sumber sejarah

29. Menurut Kuntowijoyo, tahapan penelitian sejarah terdiri atas pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Tujuan tahap interpretasi adalah …
A. menguji keabsahan sumber
B. melengkapi hasil penelitian
C. mengumpulkan sumber
D. menyusun karya tulis
E. menafsirkan data

30. Dalam tahap interpretasi, sejarawan perlu menghubungkan antara sumber dan sumber lainnya untuk membuktikan adanya hubungan sebab akibat. Proses tersebut dinamakan…
A. Resume
B. Analisis
C. Sintesis
D. Hipotesis
E. Apersepsi

31. Historiografi adalah salah satu tahap dalam metode penelitian sejarah. Arti historiografi dalam sejarah adalah …
A. Menginterpretasi data
B. Mencari fakta dan data
C. Menyelidiki data yang valid
D. Menuliskan hasil penelitian sejarah
E. Menyelidiki kebenaran suatu peristiwa

32. Karya-karya historiografi tradisional memiliki tingkat subjektivitas tinggi karena …
A. Hanya mengisahkan peristiwa di sekitar kerajaan
B. Karya sejarah ditulis oleh pujangga kerajaan atau permintaan sang raja
C. Media penulisan sejarah masih sangat sederhana
D. Kisah historis yang ditulis jauh dari suasana mitos dan cerita takhayul
E. Penulisan sejarah dilakukan tanpa melalui proses kritik sumber

33. Hasil temuan penelitian yang dipaparkan secara umum terdapat pada bagian …
A. Tinjauan pustaka
B. Pendahuluan
C. Pembahasan
D. Kesimpulan
E. Sintesis 

34. Penulisan sejarah (historiografi) terdiri atas beberapa bagian. Bagian yang memuat teori, konsep serta sumber-sumber yang digunakan terdapat pada bagian …
A. Indeks
B. Glosarium
C. Kesimpulan
D. Pendahuluan
E. Daftar Pustaka

35. Salah satu ciri yang membedakan historiografi tradisional masa Islam dengan historiografi masa Hindu-Buddha adalah….
A. Kisah-kisah sisipan tentang kehidupan para nabi dan rasul
B. Historiografi tradisional masa Islam ditulis untuk aktivitas syiar agama Islam
C. Seluruh karya historiografi tradisional masa Islam menggunakan bahasa Arab
D. Historiografi tradisional pada masa Islam sudah mendapat pengaruh kebudayaan Arab
E. Unsur mistik dan kisah-kisah orang besar mulai dihilangkan

36. Produk historiografi tradisional pada masa Hindu-Buddha bercorak dewa-raja. Oleh karena itu, setiap produk historiografi tradisional isinya….
A. Memuji kebesaran raja
B. Berdasarkan hasil kisah nyata kehidupan raja
C. Ditulis berdasarkan arahan para bangsawan
D. Ditulis oleh pujangga kerajaan yang mendukung kebijakan raja
E. Mengakomodasi kepentingan raja dalam menyejahterakan rakyat

37. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Memberikan legitimasi yang kuat bagi  penguasa
(2) Untuk mengetahui asl-usul dari sebuah suku bangsa berdasarkan fakta dan data sejarah yang ada
(3)  Meningkatkan solidaritas dan integritas di bawah pemerintah pusat
(4) Untuk mengutarakan kebenaran sejarah apa adanya
(5) Simbol identitas dan gengsi baru

Arti dan fungsi penulisan historiografi tradisional adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (1), (3), dan (5)
E. (2), (3), dan (5)

38. Penulisan sejarah mengalami perkembangan pada masa kolonial. Penulisan sejarah yang berkembang pada masa ini bertujuan….
A. Memperkuat kepentingan dan mengukuhkan penguasa colonial di tanah jajahannya
B. Memberikan pengetahuan terhadap rakyat mengenai kajian sejarah yang ditulis
C. Menegaskan bahwa bangsa Belanda merupakan bangsa bermartabat
D. Menyajikan kajian sejarah yang terbebas dari unsur subjektivitas
E. Menghilangkan unsur mistis dalam karya penulisan sejarah

39. Sejarah lisan mempunyai keunggulan sebagai sebuah metode karena …
A. Dapat menghasilkan informasi yang relevan
B. Mampu menyajikan informasi secara lebih akurat
C. Mampu memprediksi peristiwa masa depan dengan tepat
D. Mampu menghindari kesalahan dalam penulisan sejarah
E. Dapat menyajikan kandungan emosional dari penutur sejarah

40. Daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada informan sebaiknya tidak terlalu banyak. Hal tersebut dilakukan sejarawan dengan tujuan…
A. Membandingkan informan satu dengan yang lain
B. Menjaga fokus kajian agar tidak melebar dari topik
C. Menggali ingatan dari informan sebanyak mungkin
D. Menetapkan informan yang diwawancarai selanjutnya
E. Melihat kebenaran fakta yang diungkapkan